PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS ( Studi Kasus RS. Kusta. Sumberglagah )

Jayanti, Lilik Nur (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS ( Studi Kasus RS. Kusta. Sumberglagah ). Other thesis, STIE MALANGKUCECWARA.

[img] Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (859kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (816kB)
[img] Text
3. Surat Keterangan Riset.pdf

Download (840kB)
[img] Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (857kB)
[img] Text
5. Pernyataan Orisinilitas.pdf

Download (933kB)
[img] Text
6. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
7. Kata Pengantar.pdf

Download (914kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (825kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (810kB)
[img] Text
10. Daftar Tabel.pdf

Download (812kB)
[img] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (811kB)
[img] Text
12. Bab I Pendahuluan.pdf

Download (826kB)
[img] Text
13. Bab II Tinjauaun Pustaka.pdf

Download (982kB)
[img] Text
14. Bab III Metode Penelitian.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. Bab IV Hasil Penelitian & Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[img] Text
16. Bab V Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
17, Daftar Pustaka.pdf

Download (937kB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. BPJS Kesehatan ini merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program kesehatan . Melalui program Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS diharapkan akses kesehatan terbuka bagi semua orang. Kualitas pelayanan merupakan titik sentral bagi perusahaan jasa karena akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Faktor lain yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen atau pasien adalah kepercayaan konsumen. Jenis penelitian deksriptif-kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna BPJS Kesehatan yang memanfaatkan pelayanan rawat jalan. Sampel dalam penelitian ini 100 responden rawat jalan. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan uji t, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS secara parsial diperoleh nilai 4,042 , sedangkan pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS secara parsial diperoleh nilai 4,205 . Secara simultan pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS berdasarkan uji F diperoleh nilai 108,441. Penalitian ini menyimpulkan kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pengguna BPJS di RS.Kusta.Sumberglagah baik secara parsial maupun simultan. Saran dari penelitian ini antara lain, dari aspek empati. RS.Kusta.Sumberglagah hendaknya melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan yang diberikan. Dari aspek indikator kebaikan hati, RS.Kusta.Sumberglagah diperlukan peran dari manajemen dalam hal pengawasan opersional rumah sakit untuk membantu mengawasi setiap personil dokter maupun paramedis agar kualitas layanan tetap baik dan slalu ditingkatkan untuk menciptakan kepuasan pasien, dan sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai yang terkandung dalam pelayanan kesehatan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan Pasien, Rawat jalan dan BPJS
Subjects: Manajemen Pemasaran > Kepuasan Konsumen
Depositing User: Library STIE MCE
Date Deposited: 30 Jun 2020 03:05
Last Modified: 09 Feb 2021 01:47
URI: http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item