PERAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMBANGUN LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN

SENTOSA, ANDREE WIJAYA (2017) PERAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMBANGUN LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN. Other thesis, STIE MALANGKUCECWARA.

[img] Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (153kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (137kB)
[img] Text
3. Surat Keterangan Riset.pdf

Download (213kB)
[img] Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (224kB)
[img] Text
5. Pernyataan Orisinilitas.pdf

Download (212kB)
[img] Text
6. Riwayat Hidup.pdf

Download (132kB)
[img] Text
7. Kata Pengantar.pdf

Download (140kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (140kB)
[img] Text
9. Daftar Tabel.pdf

Download (132kB)
[img] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (131kB)
[img] Text
11. Bab I Pendahuluan.pdf

Download (206kB)
[img] Text
12. Bab II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (379kB)
[img] Text
13. Bab III Metode Penelitian.pdf

Download (237kB)
[img] Text
14. Bab IV Hasil Penelitian & Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
15. Bab V Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf

Download (700kB)

Abstract

ABSTRAKSI PERAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMBANGUN LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada 5 Kelompok Pelanggan Operator Paket Data di lingkungan mahasiswa STIE MALANGKUÇEÇWARA) Seiring dengan semakin berkembangnya jaman, teknologi jaringan seluler ikut mengalami perubahan. Beragam paket data ditawarkan operator. Persaingan antar perusahaan terjadi demi memberi kepuasan kepada pelanggan. Yang lebih ditekankan saat ini ialah konsep mengenai bagaimana membina hubungan dengan pelanggan, atau dikenal dengan relationship marketing. Relationship marketing diperlukan agar pelanggan menjadi loyal. Terdapat fenomena menarik di Indonesia pada tahun 2014, bahwa penetrasi kartu seluler di Indonesia sudah melebihi jumlah penduduk, yaitu kisaran 120%, atau sekitar 240 juta pelanggan, tetapi tidak semuanya masuk dalam kategori pelanggan aktif. Dari semuanya itu, persentase kartu hangus (churn rate) di Indonesia tergolong sangat tinggi yakni bisa mencapai 15%. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung antara dimensi relationship marketing terdiri dari kepercayaan (x1), komitmen (x2), penanganan masalah (x3), dan komunikasi (x4) terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian tujuan berikutnya untuk mengetahui pengaruh secara tidak langsung antara dimensi relationship marketing terdiri dari kepercayaan (x1), komitmen (x2), penanganan masalah (x3), dan komunikasi (x4) terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Lokasi penelitian mengambil tempat di lingkungan STIE MalangkuÇeÇwara. Peneliti mengambil populasi sebanyak 1.536 mahasiswa. Dari keseluruhan populasi, kemudian peneliti mengambil sampel dengan teknik pengambilan menggunakan metode accidental sampling dan taraf error ditetapkan peneliti sebesar 5%.. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara langsung antara relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai beta 0,370. Sedangkan pengaruh tidak langsung relationship marketing melalui kepuasan terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar perkalian antara beta X terhadap beta Z dan nilai beta Z terhadap beta Y yaitu : 0,794 x 0,492= 0,389. Karena nilai pengaruh tidak langsung lebih besar dari pengaruh langsung,

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Relationship marketing, kepuasan, loyalitas, pelanggan
Subjects: Manajemen Pemasaran > Kepuasan Konsumen
Depositing User: Library STIE MCE
Date Deposited: 26 Jun 2020 01:27
Last Modified: 26 Jan 2021 13:14
URI: http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item