LESTARI, MEYLINDA ANGGUN (2025) PENGARUH IKLAN DIGITAL, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, LINGKUNGAN SOSIAL DAN PENDAPATAN TERHADAP LAYANAN PINJAMAN ONLINE PADA GENERASI Z. Undergraduate thesis, STIE MALANGKUCECWARA.
|
Text
1. COVER.pdf Download (716kB) |
|
|
Text
2. Bab I Pendahuluan.pdf Download (205kB) |
|
|
Text
3. Bab II Tinjauan Pustaka.pdf Download (360kB) |
|
|
Text
4. Bab III Metode Penelitian.pdf Download (332kB) |
|
|
Text
5. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) | Request a copy |
|
|
Text
6. Bab V Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (191kB) |
|
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (842kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan digital, kemudahan penggunaan, lingkungan sosial, dan pendapatan terhadap keputusan penggunaan layanan pinjaman online oleh Generasi Z di Kota Malang. Layanan pinjaman online kian populer karena kemudahan akses, promosi menarik, dan minimnya persyaratan. Namun, tingginya penggunaan di kalangan generasi muda juga memunculkan resiko keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei terhadap 100 responden Generasi Z. Teknik analisis data dilakukan dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan digital, kemudahan penggunaan, lingkungan sosial, dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan pinjaman online. Iklan digital yang menarik, antarmuka aplikasi yang mudah digunakan, pengaruh media sosial serta pendapatan yang diperoleh responden menjadi faktor utama yang mendorong keputusan penggunaan. Temuan ini memberikan implikasi bagi penyedia layanan fintech agar lebih bertanggung jawab dalam strategi pemasarannya, serta mendorong peningkatan literasi keuangan di kalangan generasi muda.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Iklan Digital, Kemudahan Penggunaan, Lingkungan Sosial, Pendapatan, Pinjaman Online, Generasi Z |
| Subjects: | Manajemen Pemasaran > Strategi Pemasaran |
| Divisions: | S1 - Manajemen |
| Depositing User: | Library STIE MCE |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:38 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:38 |
| URI: | http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/2582 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
