PENGARUH IKLAN DIGITAL, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, LINGKUNGAN SOSIAL DAN PENDAPATAN TERHADAP LAYANAN PINJAMAN ONLINE PADA GENERASI Z

LESTARI, MEYLINDA ANGGUN (2025) PENGARUH IKLAN DIGITAL, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, LINGKUNGAN SOSIAL DAN PENDAPATAN TERHADAP LAYANAN PINJAMAN ONLINE PADA GENERASI Z. Undergraduate thesis, STIE MALANGKUCECWARA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (716kB)
[img] Text
2. Bab I Pendahuluan.pdf

Download (205kB)
[img] Text
3. Bab II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (360kB)
[img] Text
4. Bab III Metode Penelitian.pdf

Download (332kB)
[img] Text
5. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab V Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (842kB)
Official URL: https://repository.stie-mce.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan digital, kemudahan penggunaan, lingkungan sosial, dan pendapatan terhadap keputusan penggunaan layanan pinjaman online oleh Generasi Z di Kota Malang. Layanan pinjaman online kian populer karena kemudahan akses, promosi menarik, dan minimnya persyaratan. Namun, tingginya penggunaan di kalangan generasi muda juga memunculkan resiko keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei terhadap 100 responden Generasi Z. Teknik analisis data dilakukan dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan digital, kemudahan penggunaan, lingkungan sosial, dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan pinjaman online. Iklan digital yang menarik, antarmuka aplikasi yang mudah digunakan, pengaruh media sosial serta pendapatan yang diperoleh responden menjadi faktor utama yang mendorong keputusan penggunaan. Temuan ini memberikan implikasi bagi penyedia layanan fintech agar lebih bertanggung jawab dalam strategi pemasarannya, serta mendorong peningkatan literasi keuangan di kalangan generasi muda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Iklan Digital, Kemudahan Penggunaan, Lingkungan Sosial, Pendapatan, Pinjaman Online, Generasi Z
Subjects: Manajemen Pemasaran > Strategi Pemasaran
Divisions: S1 - Manajemen
Depositing User: Library STIE MCE
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:38
Last Modified: 28 Oct 2025 03:38
URI: http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item