GIVENSA, CHRISTIAN JEANNES (2025) ANALISIS STRATEGI DIVERSIFIKASI PASAR DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA UMKM KERAJINAN ROTAN UD. BAVARIA ROTAN. Undergraduate thesis, STIE MALANGKUCECWARA.
|
Text
Cover.pdf Download (598kB) |
|
|
Text
Bab I Pendahuluan.pdf Download (211kB) |
|
|
Text
Bab II Tinjauan Pustaka.pdf Download (217kB) |
|
|
Text
Bab III Metode Penelitian.pdf Download (222kB) |
|
|
Text
Bab IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
Bab V Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (185kB) |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (562kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi diversifikasi pasar dan pemanfaatan teknologi digital dalam pengembangan ekspor UMKM kerajinan rotan, pada UD. Bavaria Rotan di Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mendalami fenomena secara mendalam. Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, dan observasi partisipatif. Analisis data dilakukan menggunakan SWOT, Matriks SWOT, Matriks IFE-EFE, serta Matriks SPACE. Hasil analisis data menunjukkan bahwa UD. Bavaria Rotan memiliki kekuatan pada kualitas produk dan desain, serta keterampilan pengerajinnya, namun menghadapi keterbatasan dalam digitalisasi dan jaringan distribusi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Peluang pasar global terbuka melalui pemanfaatan e-commerce dan inovasi produk, tetapi terdapat tantangan seperti persaingan dan fluktuasi harga bahan baku. Posisi perusahaan berada dalam kuadran agresif, strategi yang disarankan meliputi pemanfaatan teknologi digital, inovasi produk, dan diversifikasi pasar melalui ekspansi pasar untuk mendukung penerapan strategi pertumbuhan dan peningkatan daya saing global.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | UMKM, Kerajinan Rotan, Diversifikasi Pasar, Teknologi Digital, Strategi Ekspor |
| Subjects: | Manajemen Pemasaran > Segmentasi Pasar |
| Divisions: | S1 - Akuntansi |
| Depositing User: | Library STIE MCE |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 04:04 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 04:04 |
| URI: | http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/2667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
