ANALISIS BIAYA VOLUME LABA SEBAGAI ALAT PERENCANAN LABA PADA LAPIS PANGGANG REZZEN MALANG

ANGGRAENI, ERIAN SAGA (2019) ANALISIS BIAYA VOLUME LABA SEBAGAI ALAT PERENCANAN LABA PADA LAPIS PANGGANG REZZEN MALANG. Other thesis, STIE MALANGKUCECWARA.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (121kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (141kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (117kB)
[img] Text
4. Riwayat Hidup.pdf

Download (94kB)
[img] Text
5. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (99kB)
[img] Text
6. Abstrak.pdf

Download (100kB)
[img] Text
7. Kata Pengantar.pdf

Download (171kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (561kB)
[img] Text
9. Daftar Tabel.pdf

Download (94kB)
[img] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (93kB)
[img] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (93kB)
[img] Text
12. Bab I Pendahuluan.pdf

Download (107kB)
[img] Text
13. Bab II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (454kB)
[img] Text
14. Bab III Metode Penelitian.pdf

Download (321kB)
[img] Text
15. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
16. Bab V Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf

Download (377kB)

Abstract

Analisis biaya-volume-labaadalah suatu analisis untuk mengetahui hubungan antara biaya, volume penjualan, laba dan bauran produk untuk mencapai tingkat laba yang diinginkan. Dengan menghitung contribution margin, break even point, operating leverage dan margin of safety dapat ditentukan perencanaan target laba yang dapat dijalankan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah penjualan minimal yang harus dipertahankan agar perusahaan tidak mengalami kerugian, untuk mengetahui jumlah penjualan yang harus dicapai untuk memperoleh tingkat keuntungan tertentu, untuk mengetahui seberapa jauh berkurangnya penjualan agar perusahaan tidak menderita kerugian, untuk mengetahui bagaimana efek perubahan harga jual, biaya, dan volume penjualan dan untuk menentukan bauran produk yang diperlukan untuk mencapai jumlah laba yang ditargetkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah minimum yang harus terjual agar perusahaan tidak menderita kerugian adalah sebanyak 12.786 pcs Lapis Panggang atau dengan nilai penjualan yang harus diperoleh sebesar Rp. 319.654.546. Sementara itu yang telah terjual jauh diatas titik impasnya yaitu sebanyak 21.720 pcs Lapis Panggang dengan total nilai penjualan mencapai Rp. 543.000.0000.Perusahaan Lapis Panggang REZZEN diharapkan mengalami kenaikan laba sebesar 25% dari laba sebelumnya atau dengan total laba sebesar Rp. 178.544.375. Untuk memenuhi target laba yang telah di estimasikan tersebut Perusahaan Lapis Panggang REZZEN diharapkan dapat memenuhi target penjualan sebanyak 25.116 pcs atau dengan total penjualan senilai Rp. 618.310.591.Hasil Marjin kontribusi Lapis Panggang REZZEN sebesar 0,55 atau 55%, artinya 55% dari setiap penjualan digunakan untuk membayar biaya tetap dan kemudian menjadi laba. Tingkat operating leverage sebesar 0,00010 atau 0,01%, apabila perusahaan mengalami peningkatan penjualan sebesar 1% maka perusahaan mendapat kenaikan laba sebesar 0,01%. Batas keamanan (margin of safety) Lapis Panggang REZZEN sebesar 44,83% dari penjualan yang dianggarkan. Jika total penjualan turun lebih dari 44,83%, maka perusahaan akan mengalami kerugian. Kata kunci: biaya-volume-laba, break even point, perencanaan laba

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Manajemen Keuangan > Perencanaan Laba
Depositing User: Library STIE MCE
Date Deposited: 30 Jan 2020 03:31
Last Modified: 06 Jan 2021 02:45
URI: http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item View Item