NOE SARE ORA, NATALIA RENDRISINTIA (2017) ANALISIS PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA DILIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER. Other thesis, STIE MALANGKUCECWARA.
Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf Download (750kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (676kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (676kB) |
|
Text
4. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (684kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (677kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (680kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (676kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (676kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (676kB) |
|
Text
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Keberhasilan hidup mahasiswa tidak hanya dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual (IQ) semata, tetapi juga dipengaruhi oleh kecerdasan lain yaitu kecerdasan emosional (EQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa dan apakah terdapat perbedaan kecerdasan emosional dan pemahaman akuntansi antara mahasiswa pria dan mahasiswa wanita. Kecerdasan emosional diukur mulai pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial, sedangkan tingkat pemahaman akuntansi diukur berdasarkan pemahaman akuntansi mahasiswa dalam mata kuliah akuntansi keuangan, pajak dan sistem informasi akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE MALANGKUÇEÇWARA S1 jurusan akuntansi angkatan 2014. Sampel pengambilan populasi itu 66. Data diperoleh melalui metode kuesioner dengan skala likert. Pendefinisian sampel menggunakan metode Slovin, simple random sampling sedangkan analisisnya menggunakan metode analisis linier berganda. Variabel-variabel bebas dalam penelitian ini kecerdasan emosional yang dikembangkan menjadi lima indikator yaitu pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial; sedangkan variable terikatnya adalah tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Data yang diperoleh dengan bantuan software SPSS 13. Berdasarkan hasilnya, hipotesis 1 diterima yang menyatakan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Semakin baiknya kecerdasan emosional mahasiswa maka akan meningkatkan pemahaman akuntansi mahasiswa. Berdasarkan hasilnya, hipotesis 2 diterima yang menyatakan terdapat perbedaan kecerdasan emosional dan pemahaman akuntansi antara mahasiswa pria dan mahasiswa wanita. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa mahasiswa wanita memiliki kecerdasan emosional dan pemahaman akuntansi yang lebih baik daripada mahasiswa pria.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional (EQ), Tingkat Pemahaman Akuntansi, Pengenalan Diri, Pengendalian Diri,Motivasi, Empati, dan Ketrampilan Sosial |
Subjects: | Akuntansi Dasar > Pemahaman Akuntansi Akuntansi Kependidikan > Pemahaman Akuntansi Dasar |
Depositing User: | Library STIE MCE |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 03:01 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 12:18 |
URI: | http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/569 |
Actions (login required)
View Item |