STRATEGI PEMASARAN PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN MELALUI ANALISIS SWOT (Studi kasus: pada RS Lawang Medika)

WIDITAMA, MUCHAMMAD RIFQI (2021) STRATEGI PEMASARAN PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN MELALUI ANALISIS SWOT (Studi kasus: pada RS Lawang Medika). Undergraduate thesis, STIE Malangkucecwara.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (777kB)
[img] Text
2. Bab I Pendahuluan.pdf

Download (365kB)
[img] Text
3. Bab II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (433kB)
[img] Text
4. Bab III Metode Penelitian.pdf

Download (374kB)
[img] Text
5. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab V Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB)
Official URL: https://repository.stie-mce.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa yang menjadi kekutan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan dan mencari tahu strategi apa yang cocok untuk diterapkan dalam menghadapi pesaing dengan menggunakan Analisis SWOT. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis kuantitatif studi kasus untuk membuat gambaran tentang penyusunan strategi pemasaran rumah sakit lawang medika berdasarkan Analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa sejarah berdirinya perusahaan, falsafah, visi dan misi, struktur organisasi perusahaan, produk dan layanan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa kekuatan RS Lawang Medika adalah lokasi yang strategis, fasilitas yang cukup memadai, rekan atau mitra yang semakin berkembang, sudah bekerjasama dengan BPJS kesehatan, dan keunggulan pelayanan obstetryginekologi dan bedah. Sedangkan kelemahan RS Lawang Medika adalah jumlah ruangan rawat inap yang terbatas, belum adanya fasilitas antar jemput pasien, minimnya anggaran untuk promosi, fasilitas yang belum memadai untuk trauma center, minimnya tenaga sdm di bagian pemasaran, dan alur penerimaan pasien yang terlalu lama. Peluang RS Lawang Medika adalah menjadi RS trauma center untuk kejadian di ruas tol, infrastruktur memadai berada di jalan raya provinsi, kepesertaan bpjs kesehatan meningkat, sebagai RS rujukan pilihan mitra. Ancaman RS Lawang Medika dalam pengembangan strategi pemasarannya adalah menjadi RS trauma center untuk kejadian di ruas tol, infrastruktur memadai berada di jalan raya provinsi, kepesertaan BPJS kesehatan meningkat, sebagai RS rujukan pilihan mitra. Berdasarkan hasil penelitian tersebut RS Lawang Medika perlu untuk tetap menjaga mutu pelayanan, meningkatkan kegiatan promosinya, tidak hanya melalui direct marketing tetapi juga melalui indirect marketing, dan menambah jumlah tenaga SDM di bagian pemasaran, memaksimalkan potensi rumah sakit dan memperluas pangsa pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMASARAN, PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN, ANALISIS SWOT
Subjects: Manajemen Pemasaran > Strategi Pemasaran
Manajemen Strategi
Manajemen Strategi > SWOT
Divisions: S1 - Manajemen
Depositing User: Library STIE MCE
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:06
Last Modified: 27 Oct 2021 03:06
URI: http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/1439

Actions (login required)

View Item View Item