PENGARUH MOTIVASI BONUS DAN LEVERAGE TERHADAP TINDAKAN MANAJEMEN LABA DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Consumer Goods Industry Yang Terdaftar Di BEI Periode 2016-2018)

Azmi, Ulul (2020) PENGARUH MOTIVASI BONUS DAN LEVERAGE TERHADAP TINDAKAN MANAJEMEN LABA DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Consumer Goods Industry Yang Terdaftar Di BEI Periode 2016-2018). Undergraduate thesis, STIE MALANGKUCECWARA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: repository.stie-mce.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bonus dan leverage terhadap manajemen laba dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Variabel dependen penelitian ini adalah manajemen laba, yang diukur menggunakan discreationary accruals. Variabel independen penelitian ini terdiri dari bonus yang diukur menggunakan variabel dummy dan leverage yang diukur dengan Debt to Asset Ratio (DAR), sedangkan variabel moderasi yaitu profitabilitas diukur menggunakan Return On Asset (ROA). Populasi penelitian ini adalah 54 perusahaan consumer goods industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh berdasarkan beberapa kriteria adalah 21 perusahaan. Periode penelitian adalah tahun 2016-2018, sehingga jumlah data penelitian adalah 63. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bonus dan leverage secara parsial berpengaruh positif terhadap manajemen laba, secara simultan juga berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Profitabilitas sebagai variabel moderasi tidak dapat mempengaruhi hubungan bonus terhadap manajemen laba maupun hubungan leverage terhadap manajemen laba. Hal ini berarti bahwa bonus dan leverage menjadi dorongan untuk melakukan manajemen laba, namun besarnya profitabilitas tidak dapat mempengaruhi hubungan positif bonus dan leverage terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laba, Kompensasi Bonus, Leverage, Profitabilitas
Subjects: Manajemen Keuangan > Financial Leverage
Divisions: S1 - Accounting Management
Depositing User: Library STIE MCE
Date Deposited: 01 Jul 2021 04:14
Last Modified: 01 Jul 2021 04:14
URI: http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item