ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI RESIKO DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN OVO (Studi Pada Mahasiswa STIE MalangkuÇeÇwara Malang)

WAHYU SAFRUDIN, SEPTIAN (2020) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI RESIKO DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN OVO (Studi Pada Mahasiswa STIE MalangkuÇeÇwara Malang). Undergraduate thesis, STIE MALANGKUCECWARA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (778kB)
[img] Text
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
3. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
4. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (349kB)
[img] Text
5. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
6. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: repository.stie-mce.ac.id

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, salah satunya yaitu dengan berkembangnya cara pembayaran yang dulunya tunai (cash based) mulai beralih menjadi nontunai (noncash based) dalam berbagai aktivitas pembayaran. Salah satu instrumen pembayaran nontunai yang saat ini sedang berkembang di Indonesia adalah uang elektronik (electronic money) atau yang biasa disebut e-money. Industri perbankan dan telekomunikasi berlomba-lomba mengeluarkan produk uang elektronik sebagai upaya untuk mengikuti perkembangan yang ada, beberapa fintech startup pun juga ikut bergerak dalam mengeluarkan produk e-money tersebut, salah satunya yaitu OVO. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi minat seseorang, salahsatu dari faktor tersebut adalah persepsi dalam menggambarkan keadaan yang ada. Karena OVO merupakan suatu produk perkembangan teknologi informasi, maka manfaat yang dirasakan dan kemudahan penggunaan serta resiko atau konsekuensi dari penggunaan sebuah produk teknologi akan mempengaruhi pandangan para calon konsumen untuk menggunakan produk tersebut. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat, persepsi resiko dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan OVO. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Accidental Sampling dan banyaknya sampel yang digunakan sebanyak 93 Mahasiswa aktif STIE Malangkucecwara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif Kausalitas dengan metode kuisioner yang dihitung menggunakan skala likert. Hasil penelitian (1) Terdapat pengaruh dari persepsi manfaat secara positif dan signifikan terhadap minat penggunaan OVO (2) Tidak terdapat pengaruh dari persepsi resiko terhadap Minat penggunaan OVO (3) Terdapat pengaruh dari persepsi kemudahan penggunaan secara positif dan signifikan terhadap minat penggunaan OVO.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-money, persepsi manfaat, persepsi resiko, persepsi kemudahan penggunaan dan minat penggunaan
Subjects: Manajemen Keuangan > Manajemen Resiko
Divisions: S1 - Accounting Management
Depositing User: Library STIE MCE
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:07
Last Modified: 15 Apr 2021 02:07
URI: http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/1078

Actions (login required)

View Item View Item