ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI ALAT PENENTU STRATEGI (Studi Kasus pada UMKM Pellizco.Id)

MALIANGKAY, RONNY CHRISTIAN (2018) ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI ALAT PENENTU STRATEGI (Studi Kasus pada UMKM Pellizco.Id). Undergraduate thesis, STIE MALANGKUCECWARA.

[img] Text
1. Halaman sampul.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3. Surat keterangan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4. Lembar pengesahan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5. Lembar pernyataan orisinalitas.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. Riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
7. Kata pengantar.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. Daftar isi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
9. Daftar tabel.pdf

Download (4MB)
[img] Text
10. Daftar gambar.pdf

Download (4MB)
[img] Text
11. Daftar lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
12. Bab I pemdahuluan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
13. Bab II tinjauan pustaka.pdf

Download (4MB)
[img] Text
14. Bab III metode penelitian.pdf

Download (4MB)
[img] Text
15. Bab IV hasil penelitian dan pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
16. Bab V penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
17. Daftar pustaka.pdf

Download (4MB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sepanjang tahun 2017 hingga 2018, pertumbuhan perekonomian terus saja meningkat. Hal ini adalah peluang dalam mengembangkan usaha. Agar peluang tersebut dapat dicapai, penting adanya peranan pola atau model bisnis yang dipakai. Model bisnis berperan didalam usaha sebagai dasar pijakan yang menggambarkan setiap aspek usaha. Untuk itu penting adanya memilih model bisnis yang sesuai. Dalam penelitian kali ini, penulis membahas Business Model Canvas yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur pada tahun 2010. Analisis penelitian menggunakan model bisnis ini dinilai efektif karena analisis yang digunakan dijelaskan secara menyeluruh baik dari segi pemasaran, sumber daya manusia, keuangan, sampai dengan nilai atau produk yang ditawarkan. Dalam penelitian ini, penulis fokus pada penerapan Business Model Canvas suatu usaha untuk digunakan sebagai dasar dalam menentukan strategi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperlukan dikumpulkan melalui kegiatan wawancara dengan informan, dokumentasi maupun observasi, kemudian akan dianalisis dalam 3 tahap, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (Miles dan Huberman 1984 dalam Sugiyono, 2013:430). Hasil penelitian meliputi penjabaran data berdasar sembilan elemen Business Model Canvas, yaitu customer segment (segmentasi pelanggan), value preposition (proposisi nilai), channels (saluran), customer relationship (hubungan pelanggan), revenue streams (aliran pendapatan), key resources (sumber daya utama), key activities (aktivitas utama), key partnership (kemitraan utama), cost structure (struktur biaya). Berdasarkan evaluasi 9 elemen tersebut, lalu diberikan alternatif strategi baru yang sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Bisnis, Business Model Canvas, Alternatif Strategi
Subjects: Business Behaviour > Sistem Dan Prosedur
Entrepreneur > Entrepreneurship / Peluang UMKM
Divisions: S1 - Accounting Management
Depositing User: Library STIE MCE
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:14
Last Modified: 14 Jan 2021 02:04
URI: http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item