PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS DAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Sector Industry Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 – 2016)

Dikpasari, Patricia Meyana (2018) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS DAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Sector Industry Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 – 2016). Other thesis, STIE MALANGKUCECWARA.

[img] Text
1. HALAMAN COVER.pdf

Download (380kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN RISET.pdf

Download (238kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (275kB)
[img] Text
6. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (237kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
10. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (709kB)
[img] Text
9. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (412kB)
[img] Text
11. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (550kB)
[img] Text
12. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
13. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan dari Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap profitabilitas dan harga saham pada perusahaan manufaktur yang bergerak di sektor industry barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2016. Pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah konsep dan tindakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan sebagai rasa tanggung jawabnya terhadap sosial dan lingkungan yang berada di sekitar perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear sederhana dengan dua kali pengukuran yaitu untuk mengukur pengaruh CSR terhadap profitabilitas dan untuk mengukur pengaruh CSR terhadap harga saham. Pada penelitian ini profitabilitas diukur menggunakan rasio return on equity (ROE) sedangkan harga saham diukur dengan menggunakan closing price saham dari setiap perusahaan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di sector industry barang konsumsi yang tercatat di BEI (Bursa Efek Indonesia) yaitu sebanyak 27 perusahaan dengan periode yang diambil yaitu dari tahun 2015-2016. Data tersebut diperoleh dari laporan tahunan setiap perusahaan yang diperoleh dari website www.idx.co.id. Berdasarkan hasil pengujian, pada hipotesis pertama bahwa variabel corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas (ROE). Sedangkan pada hipotesis kedua ditemukan bahwa corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Jadi kedua hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas (ROE), Harga Saham
Subjects: Akuntansi Managemen > Profitabilitas
Manajemen Keuangan > Harga Saham
Depositing User: Library STIE MCE
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:24
Last Modified: 19 Jan 2021 10:11
URI: http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item