Puspitasari, Kartika Widya (2022) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2018 STIE Malangkuҫeҫwara Malang). Undergraduate thesis, STIE MALANGKUCECWARA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Download (377kB) |
|
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf Download (361kB) |
|
Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) |
|
Text
BAB V Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (896kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang di modifikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Dra. RC. Tituk Widajantie, M.Aks pada tahun 2020 dan penelitian yang dilakukan oleh Widia Lestari pada tahun 2021. Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif komperatif, data yang dikumpulkan yaitu data primer, untuk mendapatkan data tersebut diperlukan pembagian kuesioner pada populasi penelitian. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa akuntansi angkatan 2018 yang masih aktif menjalankan perkuliahan di STIE Malangkuҫeҫwara Malang dengan jumlah 105 mahasiswa, sedangkan kriteria sampel yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang sudah menempuh 125 SKS dan sudah menempuh mata kuliah pengantar akuntansi 1 dan 2, akuntansi keuangan 1 dan 2, akuntansi keuangan lanjutan 1 dan 2, auditing 1 dan 2, special topic dan teori akuntansi.. Metode statistik yang digunakan untuk mengukur dan menganalisis data dalam penelitian ini yaitu, statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji f. Hasil dari uji statistik dalam penelitian ini yaitu secara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi sedangkan perilaku belajar secara parsial berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Secara bersamaan atau biasa disebut simultan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan perilaku belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, perilaku belajar, tingkat pemahaman akuntansi |
Subjects: | Akuntansi Dasar Akuntansi Dasar > Pemahaman Akuntansi |
Divisions: | S1 - Akuntansi |
Depositing User: | Library STIE MCE |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 01:51 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 01:51 |
URI: | http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/1832 |
Actions (login required)
View Item |