PENGARUH ORIENTASI ETIS, GENDER, DAN TINGKAT PENGETAHUAN ETIKA TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA ATAS PERILAKU TIDAK ETIS AKUNTAN

Ningsih, Dwi Utari Setyo (2019) PENGARUH ORIENTASI ETIS, GENDER, DAN TINGKAT PENGETAHUAN ETIKA TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA ATAS PERILAKU TIDAK ETIS AKUNTAN. Other thesis, STIE MALANG KUCECWARA.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (614kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (636kB)
[img] Text
3. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (626kB)
[img] Text
4. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (574kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (578kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (495kB)
[img] Text
7. Daftar isi.pdf

Download (589kB)
[img] Text
8. Daftar tabel.pdf

Download (643kB)
[img] Text
9. Daftar gambar.pdf

Download (575kB)
[img] Text
10. Bab I Pendahuluan.pdf

Download (602kB)
[img] Text
11. Bab II Tinjauan pustaka.pdf

Download (847kB)
[img] Text
12. Bab III Metode penelitian.pdf

Download (799kB)
[img] Text
13. Bab IV Hasil penelitian dan pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] Text
14. Bab V Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
15. Daftar pustaka.pdf

Download (661kB)
[img] Text
16. Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh idealisme, relativisme, gendeer dan tingkat pengetahuan etika terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis akuntan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuisioner. Sampel yang digunakan dalam peneliti ini mahasiswa akuntansi angkatan 2015. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling sehingga diperoleh sebanyak 80 rsponden mahasiswa akuntansi di STIE Malangkucecwara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Outer Model, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Inner Model dan Uji Hipotesis.Setelah dilakukan pengujian hipotesis maka diperoleh hasil bahwa idealisme dan tingkat pengetahuan etika tidak mempunyai pengaruh terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis akuntan. Sedangkan untuk relativisme dan gender berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis akuntan. Hasil pengujian relativisme pada tabel menunjukkan bahwa relativisme memiliki t-hitung yang lebih besar dari t-tabel sebesar 18.086 > 1.992 dengan tingkat signifikansi dibawah 0.05. Karena semakin tinggi relativisme maka persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis akuntan juga semakin tinggi. Hasil pengujian gender menunjukkan hasil terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis memiliki t-hitung besar dari t-tabel sebesar 2.289 > 1.992. Dengan tingkat signifikan dibawah 0.05. Kata Kunci :Orientasi Etis, Gender, Tingkat Pengetahuan Etika, Persepsi Mahasiswa atas Perilaku Tidak Etis Akuntan. ABSTRACT This study aims to determine the effect of idealism, relativism, gender and the level of ethical knowledge on student perceptions of accountants' unethical behavior. This study uses a survey method with questionnaires. The sample used in this researcher is the 2015 accounting student. Sampling uses simple random sampling method so that 80 rsponden of accounting students are obtained at STIE Malangkucecwara. The data analysis technique in this study uses Outer Model, Validity Test, Reliability Test, Inner Model and Hypothesis Test. After testing the hypothesis, the results show that idealism and the level of ethical knowledge have no influence on student perceptions of accountants' unethical behavior. Whereas for relativism and gender influence on students 'perceptions of accountants' unethical behavior. The results of relativism testing in the table show that relativism has a t-count that is greater than t-table of 18,086> 1,992 with a significance level below 0.05. Because of the higher relativism, the students 'perceptions of accountants' unethical behavior are also getting higher. Gender testing results show the results of student perceptions of unethical behavior have a large t-count of t-tables of 2,289> 1992. With a significant level below 0.05. Keywords: Ethical Orientation, Gender, Level of Ethical Knowledge, Student Perception of Accountants' Unethical Behavior.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh idealisme, relativisme, gendeer dan tingkat pengetahuan etika terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis akuntan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuisioner. Sampel yang digunakan dalam peneliti ini mahasiswa akuntansi angkatan 2015. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling sehingga diperoleh sebanyak 80 rsponden mahasiswa akuntansi di STIE Malangkucecwara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Outer Model, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Inner Model dan Uji Hipotesis.Setelah dilakukan pengujian hipotesis maka diperoleh hasil bahwa idealisme dan tingkat pengetahuan etika tidak mempunyai pengaruh terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis akuntan. Sedangkan untuk relativisme dan gender berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis akuntan. Hasil pengujian relativisme pada tabel menunjukkan bahwa relativisme memiliki t-hitung yang lebih besar dari t-tabel sebesar 18.086 > 1.992 dengan tingkat signifikansi dibawah 0.05. Karena semakin tinggi relativisme maka persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis akuntan juga semakin tinggi. Hasil pengujian gender menunjukkan hasil terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis memiliki t-hitung besar dari t-tabel sebesar 2.289 > 1.992. Dengan tingkat signifikan dibawah 0.05.
Subjects: Perilaku Keorganisasian > Perilaku Individu
Depositing User: Library STIE MCE
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:10
Last Modified: 12 Jan 2021 03:33
URI: http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item View Item